POLA KONFIGURASI OBJEK
MATERI KELAS 8 SMP
OLEH: AGUSTIN PUSSPITASARI
Perhatikan gambar di bawah ini!
Tentukan:
a. Persamaan suku ke-n
b. Banyak segitiga pada pola ke-100
Alternatif Penyelesaian
Pertama hal yang harus kamu lakukan adalah merubah pola konfigurasi objek menjadi pola bilangan sehingga kamu dapat mengetahui banyak segitiga pada pola-pola selanjutnya.
Sehingga dari pola konfigurasi objek tersebut kita dapat merubah menjadi barisan bilangan
1, 3, 5, 7, 9,…
Apabila kalian perhatikan, barisan diatas merupakan barisan aritmatika dengan b =2 dan a =1 sehingga untuk menyelesaikan contoh 1 kita dapat menggunakan rumus umum barisan matematika yaitu
Contoh 2
Perhatikan gambar di bawah ini!
Tentukan:
a. a. Persamaan suku ke-n
b. b. Banyak lingkaran merah pada pola ke-25
Alternatif Penyelesaian
Sehingga dari pola konfigurasi objek tersebut kita dapat merubah menjadi barisan bilangan
4, 8, 12, …
Barisan tersebut bukan merupakan barisan aritmatika atau pun barisan geometri sehingga kita tidak bisa menggunakan persamaan umum keduanya. Oleh karena itu untuk menentukan persamaan umumnya kita harus menggunakan cara manual, perhatikan langkah berikut:
b.Banyak lingkaran merah pada pola ke-25
Jadi banyak lingkaran merah pada pola ke-25 adalah 100
Contoh 3
Perhatikan gambar dibawah ini!
Tentukan:
a. a. Persamaan suku ke-n
b. Banyak lingkaran biru pada pola ke-36Alternatif Penyelesaian
a. Persamaan suku ke-nSehingga dari pola konfigurasi objek tersebut kita dapat merubah menjadi barisan bilangan
1, 4, 9, 16, 25, …
Barisan tersebut bukan merupakan barisan aritmatika atau pun barisan geometri sehingga kita tidak bisa menggunakan persamaan umum keduanya. Oleh karena itu untuk menentukan persamaan umumnya kita harus menggunakan cara manual, perhatikan langkah berikut:Jadi banyak lingkaran biru pada pola ke-36 adalah 1296
Sebelum membaca materi di atas, alangkah lebih baiknya menyimak vidio tentang mengenal pola bilangan, barisan aritmatika dan barisan geometri.
Komentar
Posting Komentar